Kamis, 24 September 2015

Roti Bluder khas Madiun

Saat ini berbagai macam makanan pun sangat beragam begitu juga dengan kue dan roti. Dari mulai yang murah hingga yang sangat mahal pun  dapat menarik minat seseorang.

Karena dari teksturnya yang empuk dan rasanya yang bermacam-macam, membuat roti ini digemari oleh banyak orang. Akhir-akhir ini muncul kue baru dengan tampilan menarik dengan tekstur yang empuk, rasanya pun manis.
Dalam kesempatan kali ini roti yang saya tulis ini beda dari roti-roti biasanya dan orang menyebutnya dengan Roti Bluder.

Harga dari roti ini pun terjangkau karena murah akan tetapi dengan konsep tampilan yang  sederhana, karena hanya dengan menggunakan plastik tebal putih sebagai pembungkusnya roti ini terlihat sangat sederhana.

Arti Sederhana kali ini adalah karena tidak banyak krim atau toping yang menghiasi luar roti tersebut. Roti ini adalah warisan turun temurun dari jaman kolonial Belanda. Tetapi pada dasarnya memang roti ini adalah makanan tertua di dunia.

http://traditionalfoodstation.blogspot.co.id/Pada jaman dahulu, roti sangat bermanfaat karena sebagai makanan pokok setiap orang. Sebelumnya mereka mengkonsumsi gandum, dan setelah  itu mereka menemukan temuan baru dengan mengolah ragi roti tersebut.

Roti bluder ini bentuknya tidak seberapa besar tapi dapat memanjakan  lidah setiap orang sehingga dapat menyebabkan ketagihan untuk mencoba dan mencobanya lagi. Roti bluder ini dapat semakin memanjakan lidah  karena memang memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis.

Sebagai informasi tambahan bahwa didalamnya pun terdapat berbagai rasa, seperti ada rasa coklat, rasa keju, bahkan rasa kismis pun ada. Dari luarnya saja nampak sekali bahwa baluran menteganya sangatlah merasuk  sehingga menimbulkan rasa gurih di luarnya. Setelah kita mencoba menggigit roti ini, anda akan dimanjakan dengan berbagai rasa yang  ditawarkan tadi. Apabila rasa keju, didalamnya terdapat balok-balok keju yang sudah dipotong sehingga menyerupai kotak kecil.

Di kota Madiun roti bluder ini dijual dimana-mana dan harganya lumayan murah, dulu sering kita temui harganya masih  di kisaran Rp 5000 per bungkus, tetapi sekarang seiring dengan naiknya harga sembako, maka sudah pastinya harga roti ini kembali  disesuaikan harganya menjadi kisaran Rp 8.000 s/d Rp 15.000 per bungkusnya.

Awalnya di kota Madiun roti bluder ini terkenal dengan sebutan “Bluder Cokro” yang berarti roti bluder ini dijual di JL. Cokroaminoto, Madiun Jawa Timur.

Letaknya pun banyak tersedia di daerah kampung-kampung, tetapi karena banyak penikmat yang ingin mencari roti bluder ini  hingga luar daerah sehingga untuk mempercepat informasi pemesanan maka banyak yang sudah dapat memesannya melalui via telepon,BBM, ataupun melalui sosial media, karena stok yang terbatas maka apabila tidak cepat-cepat memesannya pasti dijamin akan kehabisan.

Roti bluder cokro ini memang laris sehingga apabila sore atau malam sudah jarang ditemui karena sudah habis saking banyak peminatnya. Disisi lain alamat yang dituju pun tidak seberapa rumit, hanya saja tempatnya yang berada di dalam kampung.

Nah jika kawan-kawan tidak sempat untuk berkunjung ke Kota Gadis (Madiun) namun ingin sekali menikmati lezat dan manisnya Roti Bluder di atas, kawan-kawan bisa langsung memesan dengan memberi komentar pada postingan ini.

Link tutorial membuat roti bluder:


<iframe width="854" height="480" src="https://www.youtube.com/embed/AQT2DlRDfwo" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

1 komentar:

  1. photo itu sepertinya diambil dari bludertania.com jadi bukan bluder cokro. bluder cokro bentuknya kotak secara personal saya lebih suka bluder tania.

    BalasHapus